Harga Ikan Gurame

Hello guys, selamat datang website Dota 2 Indonesia. Saya akan berbincang-bincang tentang “Harga Ikan Gurame“. Berikut ulasannya secara lengkap dibawah ini:

Harga-Ikan-Gurame

Ikan Gurame merupakan salah satu ikan jenis air tawar yang cukup laris di pasaran Indonesia sebab diminati tidak sedikit masyarakat. Selain sebab harga ikan gurame yang lumayan terjangkau, ikan dengan ukuran jumbo ini pun sering sekali dipakai sebagai bahan dasar dari pelbagai makanan lezat. Di samping itu, guna ikan gurame juga tidak sedikit dirasakan oleh masyarakat. Karena dalil inilah usaha budidaya ikan gurame di Indonesia makin meningkat.


Harga Ikan Gurame Semua Jenis Terbaru

Hingga kini, minimal ada 8 jenis ikan gurame di Indonesia yang paling tidak sedikit dibuidayakan dan dijual. Harga jual ikan gurame lazimnya ditentukan oleh jenis serta ukurannya. Ikan gurame pun biasa dipasarkan per ekor, per kilo bahkan sampai per box. Biasanya harga ikan gurame per box relatif lebih murah daripada harga ikan gurame per ekor. Berikut informasi menyeluruh mengenai jenis-jenis ikan gurame dan harganya.


1. Ikan Gurame Batu

Karakteristik utama ikan gurame batu ialah tekstur kulit dan warnanya yang kasar laksana batu. Sayangnya, jenis gurame batu ini tidak terlampau populer laksana jenis gurame lainnya. Oleh sebab itu, ikan gurame jenis ini telah mulai jarang tampak di pasaran dan menjadi lumayan langka.

Ada 2 hal utama yang menjadi dalil kenapa ikan gurame batu jarang dipasarkan lagi di pasaran. Faktor kesatu ialah pembudidayaannya yang memerlukan waktu lama. Hal itu dapat menciptakan boros pengeluaran untuk keperluan pakan dan pemeliharaan lainnya. Dan hal kedua ialah rasanya tidak cukup enak untuk sebagian besar masyarakat. Atas dasar berikut ikan gurame batu sudah kelemahan peminat.

Yuk Baca Artikel Lainnya:  Cara Budidaya Ikan Sumatra

Namun, andai kamu hendak tetap menggali dan melakukan pembelian ikan gurame batu, tidak butuh khawatir sebab harga ikan tawar jenis ini lumayan murah. 1 kg ikan gurame batu biasa dipasarkan dengan harga Rp. 30.000 guna kualitas biasa. Sementara kualitas supernya dipasarkan sekitar Rp. 35.000.


2. Ikan Gurame Soang

Di samping disebut ikan gurame soang, gurame yang satu ini pun sering dinamakan “Ikan Gurame Jawa Barat”. Karena Jawa Barat, terutama wilayah Ciamis dan sekitarnya merupakan wilayah yang kesatu kali membudidayakan ikan gurame jenis ini.

Ciri-ciri ikan gurame soang ialah dahinya. Dahi ikan gurame soang jantan bakal terlihat lebih menonjol daripada ikan gurame soang betinanya. Semakin meningkat usianya, maka semakin menonjol ke atas juga format dahi ikan gurame soang ini. Tonjolan pada dahinya itu berbentuk laksana kepala angsa. Dan dalam Bahasa Sunda, angsa pun disebut sebagai “Soang”. Oleh sebab itulah ikan gurame jenis ini dinamakan gurame soang.

Kamu dapat menemukan ikan gurame soang baik di pasar tradisional maupun di pasar canggih dengan harga jual selama Rp. 40.000 hingga Rp. 45.000 tergantung pada kualitasnya.


3. Ikan Gurame Jepun

Ikan gurame jepun ialah salah satu jenis ikan gurame yang paling tidak sedikit diminati masyarakat guna dikonsumsi. Jenis yang satu ini pun dikenal dengan nama lain, yakni “Gurame Purwokerto” dan “Gurame Jawa Tengah”. Nama ini menggambarkan di mana ikan gurame jepun dibudidayakan, yakni dari distrik Purwokerto.

Bila disaksikan sekilas, tampilan jasmani gurame jepun nyaris serupa laksana gurame soang. Namun, bila disaksikan lebih rinci lagi, maka anda akan mengejar perbedaan. Perbedaan dari dua spesian gurame ini terletak pada unsur moncongnya. Moncong ikan gurame jepun berukuran relatif lebih panjang.

Kamu dapat langsung datang ke pasar terdekat untuk melakukan pembelian ikan gurame jepun. Di pasaran, ikan gurame jepun terdiri dari 2 macam kualitas, yakni kualitas biasa dan super. Ikan gurame jepun kualitas biasa dibanderol dengan harga Rp. 40.000. Sementara harga ikan gurame per kilo jenis jepun dengan kualitas supernya ialah sekitar Rp. 45.000.

Yuk Baca Artikel Lainnya:  Cara Membedakan Cupang Hias dan Cupang Aduan

4. Ikan Gurame Baster

Ikan gurame baster tidak sedikit dipilih oleh semua pelaku usaha guna dibudidayakan sebab masa pertumbuhannya yang lebih cepat dikomparasikan dengan jenis ikan gurame lainnya. Sehingga semua pelaku budidaya dapat lebih menghemat ongkos pakan dan keperluan lainnya. Waktu pembudidayaan ikan gurame baster pun lebih tepat guna yang menciptakan hasil panennya dapat dipungut lebih cepat.

Setelah masa budidaya selama tidak cukup lebih 1 tahun terlewati, ikan gurame baster akan memiliki berat badan rata-rata 3 kg. Semakin tinggi beratnya maka semakin tinggi pun harga jual ikan gurame baster di pasaran. Sekarang, ikan gurame baster kualitas biasa dipasarkan sekitar Rp. 50.000 guna kualitas biasa. Sementara kualitas supernya dipasarkan sekitar Rp. 60.000 per kg. Dan guna harga bibit ikan gurame telah dibicarakan pada tulisan sebelumnya.


5. Ikan Gurame Padang atau Albino

Jenis ikan gurame ini memang berasal dari wilayah Padang Pariaman, Provinsi Sumatera Barat cocok dengan namanya. Disamping urusan tersebut, jenis gurame yang satu ini dikenal pun dengan nama ikan gurame albino. Karena jenis gurame ini mempunyai ciri khas sisik yang berwarna putih bersih diakibatkan kelainan genetik albino.

Tidak melulu kelainan genetik kulitnya yang menjadi keanehan dari gurame albino ini, jenis ini pun memiliki keanehan lain. Aktivitas reproduksi ikan gurame padang lumayan tinggi, dalam sekali pemijahan saja, ikan ini dapat menghasilkan selama 3000 butir telur. Jadi, untuk kamu yang hendak memulai usaha berprofit tinggi, ikan gurame padang atau albino ini paling cocok.

Harga gurame padang pun jauh lebih mahal daripada jenis gurame lainnya. Satu kg ikan gurame padang kualitas biasa dapat menjangkau harga Rp. 60.000. Sementara kualitas supernya dipasarkan sekitar Rp. 70.000 per kg.


6. Ikan Gurame Paris

Hanya sebab namanya paris, bukan berarti ikan gurame yang satu ini berasal dari Perancis. Pemberian nama itu sekadar strategi semua pedagan guna unik perhatian dan minat konsumen. Ikan gurame paris berkarakteristik utama tubuh yang didominasi dengan warna merah mulai dari unsur kepala hingga ekornya.

Yuk Baca Artikel Lainnya:  7 Cara Budidaya Ikan Cupang Hias yang Benar

Di samping warna kulit dan namanya yang unik, ikan gurame paris pun mempunyai tingkat produktivitas yang tinggi. Bila dibudidayakan dengan benar, satu ekor gurame paris bisa menghasilkan sampai 5.000 butir telur dalam sekali pemijahan.

Harga gurame paris ini pun tergolong tinggi di pasaran. Kualitas biasa ikan gurame paris dipasarkan sekitar Rp. 55.000. Sementara guna kualitas supernya dipatok harga Rp. 65.000.


7. Ikan Gurame Blue Safir

Karakteristik utama ikan gurame blue safir ialah warna kulitnya yang merah cerah. Jika dibudidayakan dengan benar, ikan ini dapat menjangkau panjang maksimal hingga 35 cm. Dan berat maksimalnya ialah 2 kg.

Dalam satu kali proses memijah, gurame blue safir bisa menghasilkan mulai dari 4.000 hingga 5.000 telur. Harga dan permintaan ikan gurame blue safir di pasaran termasuk stabil. Ikan gurame blue safir kualitas biasa dipasarkan Rp. 55.000. Dan ikan gurame blue safir kualitas super dipasarkan Rp 60.000.

Berikut susunan harga ikan gurame per kilo menurut provinsinya lengkap.


Demikian Sekilas Mengulas Tentang 7 Daftar Harga Ikan Gurame Semua Jenis Terbaru 2021 Lengkap

Semoga Bermanfaat yang Disampaikan. Terima Kasih…!!!


Baca Juga :


Jangan Lupa Share Guys …!!!

Rate this post